Rabu, 08 Mei 2013

Manfaat baking soda untuk kecantikan




  

Selain harganya murah, baking soda juga memiliki banyak kegunaan. Seperti sebahagian orang ketahui, baking soda merupakan bahan untuk membuat roti atau membersihkan noda-noda membandel di dapur. Namun faktanya, baking soda juga memiliki manfaat lain yng ternyata bermanfaat sebagai perawatan kecantikan kulit serta wajah. Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan, menyegarkan serta mencerahkan kulit. Selain itu baking soda juga dianggap bisa mengobati jerawat.
Obat jerawat yang menggunakan baking soda dapat membantu mencapai kondisi kulit yang diinginkan. Dibandingkan dengan prduk-produk kecantikan komersial, baking soda telah teruji dan menjadi alternatif yang efektif untuk membersihkan jerawat.





Pengujian
Aturan yang paling penting sebelum menggunakan produk kulit adalah menguji produk terseut terlebih dahulu. Sebaiknya oleskan pasta baking soda pada tengkuk. Bila terasa panas, segera bersihkan pasta baking soda dari kulit. Ini berarti baking soda tidak cocok untuk anda. Bila tidak ada keluhan, berarti anda bisa melanjutkan penggunaan pasta baking soda untuk wajah.

Manfaat baking soda:
1. Mengatasi jerawat 
Bersihkan wajah. Buatlah pasta dari satu sendok makan baking soda dan tiga sendok makan air. Oleskan pasta ini hanya pada jerawat. Biarkan selama 15-20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat.

2. Mencerahkan wajah
Untuk membersihkan jerawat, ambil satu sendok makan baking soda kemudian tambahkan dengan 3 sendok makan air. Campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta kental. Oleskan pasta ini secara merata pada wajah. Biarkan pasta mengering. Selanjutnya bersihkan wajah dengan air biasa. Keringkan wajah dengan handuk kecil yang halus dan kering. 
Masker jerawat  dari baking soda ini membersihkan kotoran dan debu yang menempel di pori-pori serta mencerahkan kulit wajah. Lakukan perawatan kulit dengan pasta baking soda ini seminggu sekali sebelum tidur.

3. Mencegah bekas jerawat
Terkadang jerawat kecil meninggalkan bekas kehitaman dalam waktu yang lama. Mengatasi masalah langsung pada akarnya merupakan solusi terbaik untuk menghindari munculnya bekas jerawat di wajah anda.
Buatlah pasta dari satu sendok makan baking soda dan 2 sendok makan air. Oleskan pasta ini hanya pada jerawat. Biarkan selama semalam. Pagi hari, cuci wajah anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Lakukan setiap hari sampai jerawat hilang, ini akan membantu menghindari bekas jerawat yang mungkin muncul.

4. Exfoliant alami
mencegah lebih baik daripada mengobati.
Baking soda juga bekerja dengan baik sebagai agen pengelupasan kulit (exfoliation agent). Campurkan satu sendok teh baking soda dengan pembersih wajah yang biasa anda gunakan. Oleskan campuran tersebut pada wajah kemudian pijit kulit wajah selama 5 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. 
Baking soda merupakan exfoliant alami yang berguna mengelupas daerah bekas jerawat, menghilangkan lapisan kulit mati dan membuka lapisan kulit baru. Proses ini akan mencerahkan kulit wajah dan membuatnya terasa lembut. Pengelupasan wajah secara teratur juga efektif mencegah jerawat. 
Baking soda merupakan produk alami dan aman digunakan untuk aplikasi topikal. Pasta baking soda juga bebas dari abhan kimia, sehingga jarang berdampak merusak pada kulit.

5. Sebagai pembersih wajah
Selain aman, wajah anda juga akan terasa lebih bersih dari sebelumnya.
Caranya, larutkan 2 sendok teh baking soda, larutkan dengan satu sendok teh air hangat, lalu aduk hingga berbentuk pasta. Setelah itu ratakan pada seluruh area wajah, kecuali lingkar matta dan mulut. Biarkan hinga kering lalu bilas dengan air hangat sambil digosk perlahan-lahan.

6. Merelaksasi kaki
Area kaki seringkali tidak terjangkau. Cobalah untuk merawat kaki anda menggunakan baking soda.
Caranya, rendam kaki hingga betis dalam 1 ember air hangat yang telah dicampur 5 sendok makan  baking soda, sekitar 15-20 menit.

7. Menghaluskan dan melembabkan kulit
Caranya, campur  secangkir baking soda, dengan secangkir air. Aduk hingga berbentuk pasta. Setelah itu gosok-gosok secara perlahan pada siku dan kaki, lalu diamkan hingga kering dan bilas dengan air.

8. Merawat kutikula kuku
Dapat dilakukan dengan cara, menggosok-gosokkan secara perlahan kuku tangan, kaki, menggunakan sikat gigi bekas yag sudah dilumuri pasta baking soda. Lakukan secara rutin sedikitnya 2 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Sumber:
  1. http://amazine.co/23062/3-manfaat-baking-soda-untuk-kulit-wajah-obat-jerawat/
  2. http://www.oktomagazine.com/oktofemale/fashion_beauty/6330/khasiat.unik.baking.soda.bagi.kecantikan





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar